Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog

Cecil Yen's blog

an online marketer's journal


Manfaat lampu tenaga surya

Publié par Cecil sur 25 Septembre 2017, 09:06am

Catégories : #lampu taman, #lampu, #tenaga surya

Manfaat lampu tenaga surya

Lampu tenaga surya merupakan sebutan untuk lampu yang dapat menyala dengan terang tanpa membutuhkan aliran listrik dari PLN. Contoh penggunaan lampu tenaga surya adalah lampu taman tenaga surya, lampu penerangan jalan umum, pompa air, dan lain-lain. Tenaga listrik untuk menghidupkan lampu tersebut berasal dari pancaran cahaya matahari yang diubah menjadi aliran listrik, lalu diubah kembali menjadi energi cahaya di taman.

Manfaat Lampu Tenaga Surya Bagi Masyarakat

Lampu taman tenaga surya dapat menyala dengan terang di tepat gelap selama matahari bersinar tanpa adanya mendung. Munculnya lampu dengan bantuan tenaga surya ini sangatlah berarti bagi masyarakat di kawasan yang padat penduduk. Bagaimana tidak, dikawasan yang padat bangunanya membuat waktu siang di dalam rumah serasa sama seperti malam hari, karena tidak ada lagi celah untuk cahaya matahari memasuki rumah. Hal ini membuat mereka mau tidak mau harus menyalakan lampu di siang hari. Menyalakan lampu siang malam membuat tagihan listrik mereka membengkak setiap bulannya. Dengan adanya pemanfaatan sinar matahari sebagai tenaga untuk menghidupkan lampu maka biaya listrik mereka akan sedikit berkurang.

Cara Membuat Lampu Botol Dengan Tenaga Surya

Cara membuat lampu tenaga surya dari botol plastik bening merupakan cara yang paling sederhana yang dapat anda praktekkan dengan mudah. Dalam membuatnya terlebih dahulu ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan, yaitu botol plastik bening, plat logam, lem silikon, bahan pemutih pakaian serta air mineral biasa. Namun perlu diperhatikan, sistemnya ini tentu berbeda dengan sistem lampu taman tenaga surya yang sudah dijelaskan di atas.

Langkah-langkah menciptakan lampu tanpa aliran listrik dari pln ini adalah dengan memotong plat logam dengan gunting  khusus sekirtar 9 x 10 inchi. Kemudian buatlah gambar lingkaran pada bagian plat sebanyak dua buah. Satu lingkaran ukuran diameter botol plastik dan satu lagi lingkaran luar yang sedikit lebih besar dari lingkaran dalam. Lalu potonglah lingkaran dalam dan buatlah potongan-potongan keluar dengan jarak 1 cm pada ingkaran luar. Amplas botol plastik lalu masukkan botol tersebut ke dalam lubang lingkaran pada plat yang telah anda siapkan.  Perbandingan botol yang dimasukkan adalah 1/3 kemudian oleskan lem di sekitar lubang plat. Selanjutnya isikan air mineral ke dalam botol lalu tuangkan satu tutup botol pemutih pakaian ke dalamnya. Nah sekarang lampu botol yang bertenaga surya telah dapat anda manfaatkan.

Lampu botol yang diciptakan dengan langkah-langkah tadi biasanya akan meghasilkan cahaya yang setara dengan lampu 55 watt. Lampu botol tersebut akan semakin terang apabila anda meletakkannya di dalam ruangan gelap namun pastinya dengan keadaan matahari di luar bersinar terang. Itulah cara membuat lampu tenaga surya dengan memanfaatkan botol plastik, selain dengan mengurangi tagihan biaya listrik anda, cara ini juga membawa dampak baik bagi bumi, karena anda memanfaatkan kembali limbah botol plastik.

Meskipun demikian lampu dari botol tersebut jelas tidak sebanding dengan lampu taman tenaga surya yang memang menggunakan solar cell, yang artinya ada proses perubahan dari cahaya matahari, listrik, menjadi cahaya lampu.

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :

Commenter cet article

Archives

Nous sommes sociaux !

Articles récents